-->

Untuk Apa Aku Bangga Pada Indonesia

Foto: sumber google

Kenapa aku harus menyandang garuda di dada
sedang bulan bintang mengudara
kenapa aku harus menghormati Jakarta
sedang aceh tak berdaya
kenapa aku harus menghafal butir-butir pancasila
sedang nusantara tak menghafalnya
kenapa aku harus mencintai UUD empat lima
sedang Indonesia bertengkar sesama
Untuk apa aku mengangkat kepala, menghormati bendera
               jika keadilan tak bersuara.
Untuk apa…
               dan untuk apa
               aku bangga pada Indonesia.

Aceh, 9 Oktober 2013
By Aroelika Munar

Note: 
Ini sebuah catatan dari beberapa catatan pribadi lainnya yang saya jadikan sebentuk puisi. Dan mungkin puisi ini tidak selaras dengan berbagai pemikiran dan perasaan semua pembaca. Namun ini sangat berarti bagi saya sendiri, dan pembaca sangat mudah menilainya dan menentukan baik atau buruknya puisi ini. Bagi saya tentunya, ini ialah isi hati yang memaparkan gejolak cinta di dalam dada untuk sebuah negeri yang saya tumpangi sekarang ini.
Dalam inti-nyata bahwa negeri kami, dan juga mungkin negeri anda di seluruh nusantara bahkan di berbagai sudut dunia pasti memiliki bermacam gejolak rasa yang berbeda di dalamnya. Lebih enak jika disebutkan: semua daerah memiliki masalah-masalah internal tersendiri. 
Maka wujud dan harapan bagi semua yang membaca puisi ini, dapat meneropong; semacam apa perasaan seorang anak negeri melampiaskan emosi atau kemarahannya pada negaranya sendiri. Dan ini juga tak luput dari sebuah rasa dan perasaan yang mendendam pada siapa saja yang merasa terhina oleh bait-baitnya.
Akhir kata; Maaf Indonesia, terimalah puisiku ini, walau menjadikanmu pahit untuk menelannya. Inilah kekuatanku untuk membangkitkan kekuatanmu.


LihatTutupKomentar